Tuesday, May 22, 2018

JENIS JENIS LEAD DAN CONTOH BERITA - JURNALISTIK


1 .     Lead Who
Teras berita ini digunakan ketika unsur siapa lebih kuat dibandung unsur lain. Biasanya berisi siapa pelaku, siapa korban, siapa mengemukakan dll.

Contoh Berita :
SUKABUMI, KOMPAS.COM – Presiden Joko Widodo senang bisa membawa moto Royal Enfield Bullet 350 cc bergaya chopper miliknya dijalan raya, Biasanya, Jokowi hanya mengeber motor baru nya yang baru dibeli seharga Rp 140 juta itu di halaman Istrana Bogor.

2 .     Lead What
Teras berita yang lebih mengedepankan unsur apa dalam berita. Dalam teras ini nilai berita apa lebih kuat daripada unsur lain.

Contoh Berita
BANDUNG, KOMPAS.COM – Persib Bandung sukses meraih kemenangan perdana dalam Liga 1 2018 ketika menjamu mitra kukar. Dalam pertandingan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Minggu (8/4/2018) malam, Persib menang 2-0

3.     Lead When
Teras berita ini digunakan ketika unsur kapan lebih kuat dibanding unsur lain. Biasanya berisi kapan peristiwa terjadi, kapan pernyataan diumumkan. Teras berita ini, dalam media mainstream termasuk yang jarang digunakan.

Contoh Berita
JAKATA, KOMPAS.COM – Setelah sempat tertunda, lintas bawah atau underpass Matraman Salemba akhirnya dibuka untuk kendaraan melintas, Selasa (10/4/2018). Underpass bercabang pertama ini sudah dibukamulai pagi ini pukul 06.40 wib.

4 .     Lead Where
Ketika memilih teras berita di mana, berarti unsur yang paling dikedepankan adalah unsur tempat/lokasi. Teras berita ini juga termasuk yang jarang digunakan oleh wartawan.
Contoh berita
Liputan6.com, Banyumas - Ribuan siswa di 196 sekolah menengah atas (SMA) dan madrasah aliyah (MA) di sembilan kabupaten di Provinsi Jawa Tengah kacau lantaran soal matematika pada hari kedua Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK 2018) tak bisa diunduh penuh, Selasa (10/4/2018).

5 .     Lead Why
Teras berita ini digunakan ketika unsur mengapa lebih dominan dibandingkan unsur lain. Biasanya isi berita dalam teras ini lebih kepada adanya sebab-akibat

Contoh Berita
TRIBUNNEWS.COM, LEBAK - Ratusan rumah di Kabupaten Lebak, Banten rusak akibat insiden gempa, Selasa (23/1/2018).

6 .     Lead How
Teras berita ini digunakan ketika unsur bagaimana lebih dominan dibandingkan unsur lain. Biasanya isi berita dalam teras ini lebih kepada proses mengapa kejadian bisa terjadi, atau langkah pemecahannya atas peristiwa tertentu. Karena sulit dicerna, teras ini juga jarang digunakan oleh wartawan.

Contoh Berita:
"Kerja alat face detector ini lebih akurat dibandingkan finger print. Dengan alat baru ini kami berharap dapat meningkatkan kedisiplinan pegawai. Sehingga PNS dapat bekerja lebih jujur dan tepat waktu," ujar Anas, Senin (29/5/2017).

7 .     Lead Contrast
Dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia, kata “kontras” mengandung makna “berbeda, berlawanan, sangat mencolok perbedaanya.” Dari situ dapat diartikan sebagai realistas sosial atau keadaan yang mencolok, baik dari realitas sekarang atau yang dibandingkan dengan kondisi sebelumnya

Contoh Berita:
Bandung - Perayaan pergantian tahun di Kota Bandung pada Rabu (31/12) malam tak meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Salah satu sebabnya adalah pembatalan pesta kembang api yang sebelumnya direncanakan di pusat keramaian wilayah Dago. Wali Kota Bandung Ridwan Kamil membatalkan acara tersebut untuk menghormati korban dan keluarga jatuhnya pesawat AirAsia QZ8501.

8.     Lead Quotion
Teras berita kutipan adalah teras berita yang memposisikan petikan langsung pada kalimat awal teras berita. Kutipannya singkat, padat, dan berisi bisa membuat teras berita menarik. 

Contoh Berita
"Bantarannya mesti bebas dari rumah-rumah, bangunan liar. Itu pasti ya, saya rasa enggak bisa ditawar itu," kata Sekda di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (7/2) malam.

9 .     Lead Question
Teras berita yang menempatkan unsur pertanyaan di dalam kalimat awal teras berita

Contoh Berita:
LIPUTAN 6, JAKARTA - “Apa yang membuat sekelompok orang tetap ngotot tetap tinggal, tak mau direlokasi dari bantaran Kali Ciliwung? Padahal daerah itu sering sekali terkena banjir.”  Pemprov DKI Jakarta akan terus berupaya merelokasi warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung.

1 0.                        Lead Descriptive
Teras berita yang dapat menggambar kepada pembaca tentang sebuah kejadian/peristiwa tertentu. Bisa itu tokoh atau suasana kejadian




Contoh Berita
LIPUTAN 6, SOLO - Ratusan mahasiswa yang mencoba memblokade Jalan Jenderal Sudirman di depan Balai Kota Solo terlibat saling dorong dengan polisi.

1 1.                        Lead Narative
teras berita yang mampu menciptakan satu suasana dan membiarkan pembaca menjadi tokoh utama.

Contoh Berita
"Ehm, jadi sebenernya lagu ini bercerita tentang senyum yang tadinya hilang, kemudian datang kembali lagi. Setiap orang pasti pernah terluka, setiap orang pasti punya alasan buat kembali tersenyum, dan orang yang bisa mengembalikan si saya ini untuk kembali tersenyum itu adalah dia. 'Dia' itu buat saya bisa istri saya dan pasti anak anak saya, jadi lagu ini saya dedikasikan buat istri dan anak-anak saya," jelas Anji saat ia bermain ke kantor Redaksi KapanLagi.com®, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (3/5).

1 2.                         Lead Exclamation
Biasanya berisi ekspresi kemenangan, kesedihan, adanya kebakaran, kejahatan, aksi demo dll

Contoh Berita:
“Turunkan harga BBM, turunkaaan!” Teriak seorang demonstran saat melakukan aksi di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

No comments:

Post a Comment

PUBLIC RELATION PT. PLN

Perusahaan Listrik Negara (disingkat PLN ) adalah sebuah BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada di Indonesia. Ketenagalistrik...